Skip to main content

Hukuman Minum Racun untuk Sokrates



Seorang lelaki tua, berjenggot ubanan, wajah agak lusuh, bertubuh pendek, pakaiannya sangat sederhana sedang menjalani persidangan di pengadilan Kota Athena.  Ia Sokrates, yang sehari-hari menapaki jalan-jalan dan pergi pasar kota Athena tanpa alas kaki. Pada tahun 399 SM, ia kira-kira berusia 70 tahun.
Sokrates diadili atas dua tuduhan: ia telah mengingkari keberadaan dewa-dewa dan ia katanya telah merusak moral-religius kaum muda. Ada tiga warga Athena yang telah mengajukan tuduhan itu, yaitu penyair Meletus, politikus Anytus dan orator Lycon.

Persidangan berjalan kurang lebih tiga jam. Keputusan pengadilan, Sokrates harus minum racun sebagai cara untuk menghukum mati dia. Selama 30 hari Sokrates dimasukan ke dalam penjara sebelum ia di eksekusi mati. Tanggal 7 Mei 399, Sokrates dijatuhi hukum minum racun. Ia meninggal dalam wajah yang tenang, seperti juga jiwanya.

”Demikianlah sehingga Socrates melewati sebuah rentang waktu yang panjang di dalam penjara di antara persidangan dan kematiannya.” demikian kata Phaedo, muridnya seperti yang ditulis Plato dalam Phaedo. 
Detik-detik jelang hukum mati itu, para murid setia mendampingi Sokrates. Mereka adalah: Phaedo, Crito, Critobulos, Apollodorus, Hermogenes, Epigenes, Aeschines, Antishenes, Cresippus, Menexenus, Simmias, Cebes, Phaedondas, Euclides, Terpsion dan Plato.

Dengan tenang Sokrates memegang cawan dan meminum racun di dalamnya. “…yang jahat tidak dapat terjadi pada orang baik, baik dalam hidup atau setelah kematian,” Soktrates berujar dalam pembelaannya.
“Waktu keberangkatan telah tiba, dan saya menempuh jalan saya - aku mati dan Anda hidup. Mana yang lebih baik hanya Tuhan yang tahu,” Sokrates menerima kematiannya dengan ketenangan jiwa. Sokrates tidak pergi, lari dari hukuman, seperti anjuran muridnya, Plato. Ia menerima semua itu dalam sebuah keyakinan, bahwa jiwa dan pengetahuan adalah abadi.

Sokrates adalah seorang pecinta pengetahuan dan kebenaran. Ia adalah guru, juga filsuf. Murid-muridnya, Plato dan Aristoteles banyak belajar dari dia. Sokrates mencari dan  menemukan pengetahuan dalam dialog-dialog sederhana tapi dalam dengan para pemuda atau siapa saja warga di jalan-jalan ramai atau pasar di kota Athena. Ia menjadi bidan pengetahuan, seperti ibunya, Phainarete yang melahirkan ia tahun 470 SM dari seorang suami, pemahat patung bernama Sophroniskos.

“Socrates membahas pertanyaan moral di tempat-tempat kerja dan pasar," tulis sejarawan filsafat Dioegens Laertius di abad ketiga dalam The Lives of Eminent Philosophers. Sokrates sering tampil tidak biasa, ia suka memancing teman dialognya agar berpikir.


Comments

Popular posts from this blog

Awal Mula Gerakan Pantekosta di Tanah Minahasa

Sekolah Alkitab di Surabaya tahun 1941 Orang-orang Minahasa di tanah rantau, bertemu dan meyakini gerakan Pantekosta yang diperkenalkan oleh para missionaris keturunan Belanda yang bermigrasi ke Amerika. Lalu para penginjil ini pulang kampung dan menyebarkan gerakan Pantekosta di tanah asal mereka. PELABUHAN Amurang, 13 Maret 1929. Sebuah kapal penumpang yang berlayar dari Surabaya baru saja berlabuh. Dua penumpang di antaranya sedang menjalankan misi gerakan Pantekosta. Julianus Repi dan Alexius Tambuwun, nama dua penumpang itu.    Di Tanah Jawa, tanah perantauan, mereka mengenal dan belajar aliran kekristenan ini. Di tanah asal mereka, Minahasa jemat Kristen Protestan sudah berdiri sampai ke kampung-kampung sejak beberapa abad lampau. Dengan semangat yang menyala-nyala, dua pemuda ini bertekad pulang ke tanah kelahiran untuk menjalankan misi.   "GPdI masuk di Sulut ketika itu dikenal dengan Sulutteng pada awal Maret 1929. Julianus Repi dan Alexius Tambu...

Tragedi Kebudayaan pada Makam Leluhur

Dibuat dengan AI, bing.com SUATU malam, mungkin dua minggu dari sekarang, saya mengambil waktu sejenak berdiri di pinggir jalan. Tepatnya, dekat jalan masuk menuju ke rumah sakit Gunung Maria, Tomohon. Posisi saya berada di tempat parkir sebuah minimarket waralaba.   Di seberang jalan, lampu terang benderang dari sejumlah gedung yang berjejer. Ada gedung retail perabotan rumah tangga dan asesoris. Di sebelahnya ada gedung restoran walaraba. Keduanya adalah perusahaan waralaba international. Sebuah gedung tempat fotocopy milik pengusaha lokal tampak terjepit di antara dua gedung itu. Jalanan yang padat dengan kendaraan makin membuat tempat itu benar-benar seperti kota modern.   Pada jalan ke arah menuju Tondano dan Kawangkoan, di tengah-tengahnya, patung Tololiu terlihat samar, sesekali cahaya lampu kendaraan mengenai wajahnya. Ia bukan sekadar benda. Patung ini adalah artefak, sebuah teks dan narasi tentang heroisme komunitas ini. Tapi, siapa yang peduli dengan itu ketika s...

'Kukis Brudel', Kue dari Belanda yang Populer di Minahasa

Kue Brudel dari Belanda, diperkenalkan di Hindia Belanda oleh Nonna Cornelia dalam buku resepnya, di Minahasa kue jenis ini sangat populer   SETIAP mendekati ‘Hari Besar”, Natal dan Tahun Baru atau acara-acara tertentu, orang-orang Minahasa pasti akan mengingat kukis (kue) yang satu ini: brudel. Kukis brudel dapat dinikmati setelah makan rupa-rupa lauk-pauk dalam pesta-pesta. Juga sangat pas dinikmati bersama kopi atau teh hangat.     Dari mana asal kukis brudel ini? Orang-orang akan menjawab, dari Belanda. Dari zaman kolonial. Tapi bagaimana kisahnya? Resep kukis (kue) brudel atau dalam bahasa Belanda ditulis broeder sudah muncul dalam sebuah resep masakan tahun 1845. Pengarangnya bernama Nonna Cornelia. Buku karangannya yang berjudul Kokki Bitja ataoe Kitab Masakan India diterbitkan dalam bahasa Melayu dicampur bahasa Belanda. Pertama kali terbit tahun tahun 1845, lalu terbit lagi dalam edisi revisi tahun 1859.     “Ambil doea deeg, ...